5 Fitur Penting Google Scholar

Siapa yang tidak kenal Google Scholar. Sebuah tool layanan dari Google yang memungkinkan kita untuk mencari materi-materi publikasi berupa teks dalam berbagai format yangmencakup jurnal-jurnal online dari publikasi ilmiah. Berikut adalah 5 fitur penting Google Scholar:

  1. Mencari artikel atau jurnal

Anda bisa mengakses Google Scholar melalui https://scholar.google.com untuk mencari artikel. Anda bisa menuliskan artikel yang dimaksud di search bar. Yang perlu diperhatikan adalah untuk mendapatkan hasil pencarian yang maksimal, Anda perlu menggunakan kata kunci yang tepat dan spesifik.

  1. Membuat perpustakaan pribadi

Google scholar juga memberikan layanan berupa Perpustakaan Pribadi atau My Library. Anda bisa menyimpan literatur yang dicari ke bagian perpustakaan pribadi ini. Anda cukup menekan tombol ikon berbentuk bintang di bawah hasil pencarian.

  1. Mengatur alert

Layanan alert ini berguna untuk mahasiswa, misalkan ketika sedang meneliti isu yang sedang berkembang. Penggunaan Google Scholar akan lebih mudah dalam mengikuti artikel akademik terbaru yang telah diterbitkan. Nah, pengguna bisa memanfaatkan fitur Alert jika ingin mendapatkan hasil pencarian baru.

  1. Mendapatkan artikel terkait

Ketika Anda mendapatkan artikel yang menarik dan sesuai dengan apa yang dicari selama ini. Anda bisa mendapatkan artikel terkait dengan cara memilih tautan Related Articles di bawah hasil pencarian.

  1. Mengutip

Layanan Google Scholar ini pastinya paling banyak dicari oleh para akademisi. Pengutipan ini merupakan poin penting dalam kegiatan akademik. Misalnya ketika membuat makalah, skripsi, hingga tesis. Tentunya Anda perlu membuat daftar pustaka sebagai bagian dari format tulisan ilmiah. Menyusun daftar pustaka pun tidak boleh sembarangan. Terdapat kaidah yang harus dipatuhi.

Diantara lima fitur ini, mana yang paling banyak Anda gunakan? (*sunaryo).

Copyright © Universitas Bung Hatta