Andrianof Chaniago : Mengambil Keteladanan Bung Hatta, Dengan Cara Apa ?

Dalam rangka memperingati  119 tahun kelahiran Bung Hatta (12 Agustus 1902-12 Agustus 2021), Universitas Bung Hatta bekerjasama dengan Yayasan Proklamator Bung Hatta dan Pemprov.Sumatera Barat, menggelar webinar dengan tema “Membangun Keteladanan Bung Hatta”, (11/8/21).

Andrianof Chaniago, salah satu narasumber webinar ini menyebutkan, bahwa sosok Bung Hatta yang kaya dengan niai2 keteladanan dan kebaikan , sehingga orang dengan cepat ingat dengan Bung Hatta kalau terjadi krisis, baik krisis gagasan, etika, tata kelola dan lain2 oarang akan cepat teringat dengan sosok bung hatta, karena samapai saat ini Bunghatta adalah sumber inspirasi bagi bangsa.

Disebutkan Andrianof juga, Bung Hatta adalah orang terencana dalam kehidupan sehari-hari, karakternya bersandar dengan pengetahuan yang cukup, berbicara ataupun berdialog, menyampaikan sesuatu dan memecahkan permasalahan dengan pengetahuan.

Menurutnya lagi, cara kita membangun keteladanan Bung Hatta bukanlah dengan cara menghafal atau mengutip kata-kata Bung Hatta, yang harus dilakukan adalah dengan mememahami  dan mempelajari bagaimana Bung Hatta berproses sampai terbentuknya karakter seperti Bung Hatta.

Andrianof juga mengingatkan seperti yang juga ia tulis di akun instagram @andrianofchaniago, bahwa untuk menjadikan karakter Bung Hatta tertanam pada generasi muda, perhatikan dulu bagaimana hal-hal dan cara berpikir yg ditanamkan orang-orang spesial kepada Bung Hatta.

Pendidikan agama yg didapat Bung Hatta dari kakeknya, Syekh Arsyad dan dari diskusi dg H. Agus Salim adalah, memahami agama sepaham-pahamnya. Ajaran yg mempengaruhi Bung Hatta bukan utk menghapal. Hasil memahami sepahan-pahamnya itu menghasilkan pemahaman antara lain, agama bisa bertemu dengan ilmu pengetahuan, dan hukum tertinggi dlm agama adalah damai, bukan kekerasan. Antara,lain, itu. Hal itu lah yang diingatkan Andrianof Chaniago dalam webinar yang diselenggarakan Universitas Bung Hatta dalam akun instagramnya.

Webinar yang digelar secara online dengan aplikasi zoom meeting juga disiarkan langsung secara live streaming melalui youtube menghadirkan pembicara antara lain Meuthia Hatta, putri tertua Bung Hatta, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri BUMN Erick Thohir, Andrianof A Chaniago dan Prof. Dr. Maizar Rahman, Ketua umum YPBH.

Dalam acara yang yang diikuti ratusan peserta itu turut hadir juga Gemala Hatta (Putri Kedua Bung Hatta). Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah hadir sebagai keynote speaker sekaligus membuka acara, panitia pelaksana juga menghadirkan Rektor UGM, Prof. Panut Mulyono serta para rektor dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Sumbar, di antaranya Rektor Universitas Andalas Prof. Dr.Yuliandri, S.H., M.H., Rektor Universitas Negeri Padang, Prof.Ganefri, M. Pd., Ph.D. serta Rektor Universitas Bung Hatta Prof Dr. Tafdil Husni, S.E., M.B.A. sebagai tuan rumah. (**Indrawadi).

 

Copyright © Universitas Bung Hatta